Buka Puasa Bersama Dosen dan Mahasiswa

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Banyak sekali kebaikan yang muncul di bulan ini. Tidak heran banyak orang yang menyambutnya dengan penuh suka cita. Momen ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh program studi untuk mendapatkan berbagai berkah Ramadan, yakni mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa dan dosen. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan ialah dengan mengadakan buka puasa bersama dan salat magrib berjamaah.

Kegiatan ini diselenggarakan pihak program studi dan Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (Himabsi). Acara ini dilaksanakan pada Rabu, 14 Juni 2017 di Aula STKIP PGRI Banjarmasin mulai pukul lima sore hingga tujuh malam. Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa, dosen-dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan, dan Ketua STKIP PGRI Banjarmasin. Panitia juga mengundang beberapa anak yatim dari panti asuhan Al Hidayah untuk memeriahkan acara. Anak-anak ini sengaja diundang sebagai salah satu bentuk kepedulian prodi terhadap anak-anak yatim. Di sela-sela acara, panitia memberikan sejumlah paket yang berisi bahan-bahan pokok dan alat tulis untuk membahagian mereka di bulan suci ini.

IMG-20170616-WA0003Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran oleh mahasiswa PBSI yang bernama Jumri. Setelah sambutan Ketua STKIP PGRI Banjarmasin, acara dilanjutkan dengan ceramah agama dari Ustadz Razul Kahfi. Banyak sekali pesan-pesan yang disampaikan untuk memperkuat keimanan dan menambah pengetahuan tentang ilmu agama. Kahfi berpesan agar para mahasiswa selalu berusaha untuk mencapai derajat taqwa pada bulan Ramadan. Bulan ini merupakan waktu yang tepat untuk melatih diri dalam meningkatkan keimanan seorang muslim.

Ketua STKIP PGRI Banjarmasin, Dr. Abidinsyah menuturkan bahwa lembaga sangat mendukung kegiatan ini karena sebagai salah satu wujud visi STKIP PGRI Banjarmasin, yakni berkarakter khususnya karakter religius. Bentuk lain perwujudan visi itu ialah dengan menambah pengeras suara di musala sehingga ketika waktu salat tiba para dosen dan mahasiswa lebih termotivasi untuk melaksanakan salat berjamaah. Dengan cara ini, para civitas akademika di lingkungan STKIP PGRI Banjarmasin akan semakin erat sehingga segala tindakan akan semakin solid dan kompak. Rancana selanjutnya, Abdinsyah mengharapkan di masa yang akan datang ada kelompok-kelompok mengaji para mahasiswa untuk mengakomodasi mereka yang belum bisa atau kurang lancar dalam membaca Al Quran. Bulan Ramadan ini memang patut diakui menjadi sarana yang sangat baik untuk memperkuat hubungan antara dosen dan mahasiswa di lingkungan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *