Bus

Proses perkuliahan umumnya terjadi di dalam ruang kelas. Meskipun demikian, hal ini tidak selalu demikian. Mahasiswa dapat saja melaksanakan kegiatan perkuliahan di luar ruangan kelas. Mereka dapat diminta untuk mengamati secara langsung persoalan yang seringkali mereka bahas di suatu mata kuliah. Bahkan, seringkali metode seperti ini dapat memberikan dampak yang lebih efektif. Oleh sebab itu, transportasi merupakan sebuah sarana yang sangat penting. Mata kuliah seperti sosiolinguistik, Kajian Bahasa Banjar, Kejurnalistikan, dan sebagainya dapat dilakukan melalui pengamatan secara langsung ke lapangan. Kegiatan lain seperti seminar, pelatihan, atau workshop yang dilaksanakan di luar kampus juga membutuhkan alat transportasi seperti ini.

bus-stkip-banjarmasinSTKIP PGRI Banjarmasin menyediakan sarana transportasi berupa bus untuk membantu dosen dan mahasiswa yang ingin melakukan kegiatan akademik di luar kampus. Bus ini dapat digunakan untuk mengangkut mahasiswa secara kolektif menuju suatu lokasi yang dapat memberikan mereka kesempatan untuk mengamati secara langsung objek yang dibicarakan.

Semua mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas ini. Meskipun demikian, mereka harus melaksanakan sejumlah prosedur yang harus dilalui. Selain itu, mereka juga perlu untuk memenuhi sejumlah persyaratan untuk memanfaatkannya. Semua itu bertujuan agar fasilitas ini tidak salah sasaran dan pemanfaatannya tepat guna.

Bus ini cukup memadai karena dilangkapi dengan fasilitas yang lengkap. Bus ini memiliki kapasitas 35 orang. Di dalamnya dilengkapi dengan AC, Televisi, dan speaker untuk membuat penumpangnya merasa nyaman berada di dalamnya selama perjalanan. Bus ini memiliki kemampuan 3.600 cc yang dapat digunakan untuk mengantar mahasiswa dan dosen PBSI STKIP PGRI mencapai tempat tujuan.

Selain perkuliahan, bus ini juga dapat dimanfaatkan oleh para dosen ketika ingin melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lain seperti penelitian, pengabdian masyarakat, atau studi banding. Dengan bus ini, kegiatan yang bersifat kolektif dapat dengan mudah dilakukan.