Jurnal Ilmiah

Jurnal Ilmiah merupakan salah satu komponen yang tidak bisa dilepaskan dalam perguruan tinggi. Bagi dosen, jurnal ilmiah menjadi sumber referensi utama dan wadah untuk memublikasikan hasil penelitiannya. Bagi mahasiswa, jurnal ilmiah sangat bermanfaat sebagai tempat pencarian referensi terbaru untuk menunjang tugas-tugasnya dalam perguruan tinggi, seperti makalah, proposal, artikel, atau skripsi.

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Banjarmasin menyediakan jurnal ilmiah untuk memenuhi kebutuhan itu. Jurnal ini bernama Stilistika dan telah dapat diakses secara online. Jurnal ini juga telah memiliki ISSN sehingga secara resmi telah diakui legalitasnya. Jurnal Stilistika menerbitkan artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra. Jurnal ini diterbitkan secara berkala untuk menunjang kebutuhan dosen dan mahasiswa.

Selain itu, STKIP PGRI Banjarmasin juga mendapatkan fasilitas oleh Kemenristekdikti untuk mengakses jurnal-jurnal internasional. Situs yang menyediakan kebutuhan ini berjumlah tiga buah, yaitu ProQuest, Cengage, dan EBSCO. Selain itu, Kemenristekdikti juga menyediakan satu situs pencarian terpadu yang menggabungkan tiga situs sebelumnya. Setiap situs yang disediakan memerlukan username dan password untuk mengaksesnya. Dengan demikian, akses ini bersifat terbatas karena hanya bisa diakses Civitas Akademika STKIP PGRI Banjarmasin. Username dan Password dapat ditemukan di ruang perpustakaan. Adapun perguruan tinggi yang lain juga mendapatkan fasilitas ini dengan username dan password yang berbeda. Dengan ini, baik dosen maupun mahasiswa memiliki akses informasi yang lebih luas untuk mengambil referensi yang bersekala internasional. Penyediaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian dari Program Studi Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia.