Kuliah Umum “Pembinaan Kemampuan Menulis”

Rabu, 21 Maret 2018 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melaksanakan kuliah umum dengan narasumber Dr. Akhmad HB, M.Pd. di Aula STKIP PGRI Banjarmasin. Peserta kegiatan ini berasal dari mahasiswa PBSI dari semester 2 hingga 8 dengan jumlah 168 orang. Kegiatan ini mengangkat tema “Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.” Akhmad HB mengatakan bahwa tema ini diangkat karena banyaknya karya tulis mahasiswa yang belum menunjukkan kualitas yang diharapkan. Pembinaan kepada mahasiswa perlu dilakukan sejak dini agar pada semester akhir kemampuan menulis mereka sudah cukup untuk membuat skripsi.

Narasumber menjelaskan bahwa kegiatan tulis-menulis tidak bisa dipisahkan dalam dunia perguruan tinggi. Selain itu, kemampuan menulis yang baik juga mampu mendatangkan keuntungan finansial bagi penulisnya. Mahasiswa harus memiliki kemampuan menulis yang baik agar ketika terjun ke masyarakat, mereka bisa menggunakannya untuk menjelaskan ide, gagasan, atau pemikirannya, dan mengajarkannya kepada para siswa mereka ketika telah menjadi guru.

Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan secara rutin setiap awal semester dengan narasumber yang berasal dari internal Prodi. Kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan keilmuan di lingkungan Prodi karena tema yang diangkat merupakan permasalahan aktual yang sedang hangat. Dengan demikian, mahasiswa tidak akan ketinggalan perkembangan teori dan permasalahan bahasa yang menjadi topik pembicaraan para ahli bahasa saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *