Memahami Gaya Belajar Berbasis Genetik

Flash Corporate dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Banjarmasin kembali menindaklanjuti kerja sama yang telah disepakati dengan mengadakan seminar pendidikan pada hari Senin 26 Maret 2018 jam 09.00 hingga 11.30 WITA. Seminar ini mengangkat tema “Memahami Gaya Belajar Berbasis Genetik.” Narasumber merupakan Licenced Promotor STIFIn Kalsel yang berjumlah dua orang, yaitu Suratno dan Lily Retno Anggraini. Kegiatan ini dilaksanakan di dua ruangan, yaitu ruang 51 dan 52. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PBSI semester 8.

Novia Winda selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk membekali mahasiswa khususnya semester 8 yang tidak lama lagi akan mengajar di sekolah. Seiring dengan itu, Ida Komalasari dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa pemahaman mengenai gaya belajar siswa sangat diperlukan ketika mengajar sebagai guru. Pemahaman yang benar akan membuat mereka bisa menyesuaikan bagaimana cara menyampaikan materi pelajaran sehingga siswa dapat menyerap dengan maksimal apa yang disampaikan oleh guru.

Narasumber menjelaskan bahwa pembelajaran yang tidak memperhatikan gaya belajar akan menghasilkan proses yang negatif karena gaya belajar siswa yang tidak sesuai dipaksakan dengan keinginan guru sehingga bukannya memberikan kebaikan justru membuat siswa stres, malas, dan kemungkinan gagal dalam pembelajaran tersebut. Narasumber menjelaskan bagian otak yang dominan dapat menghasilkan gaya belajar tertentu, seperti memori yang kuat, kemampuan berpikir yang hebat, kreativitas yang unik, dan emosi yang sensitif. Guru yang memahami gaya belajar itu akan membuat mereka lebih berhati-hati dalam merancang kegiatan pembelajaran agar lebih sesuai dengan siswanya.

Melalui kegiatan ini, para mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan ini ketika mereka telah mengajar di sekolah. Bila hal ini tercapai, kualitas mahasiswa PBSI akan semakin baik karena wawasan mereka terhadap teori-teori baru terus bertambah, apalagi diberikan langsung oleh narasumber yang bergerak di bidang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *