Perpustakaan

Buku merupakan komponen yang tidak terpisahkan dalam dunia akademik. Buku sangat diperlukan sebagai salah satu sumber referensi utama bagi mahasiswa atau dosen. Manfaat yang dapat diambil ialah untuk memperluas wawasan mahasiswa dan dosen, serta sebagai salah satu sumber referensi utama dalam membuat karya ilmiah seperti makalah, artikel ilmiah, atau skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyediakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Perpustakaan merupakan media yang paling tepat untuk memenuhi hal ini.

perpustakaan-stkip-pgri-banjarmasin-lobiPerpustakaan yang disediakan ada dua buah, yaitu perpustakaan Prodi dan perpustakaan lembaga. Perpustakaan Prodi menyediakan buku yang secara khusus disediakan bagi mahasiswa dan dosen PBSI. Buku yang disediakan berjumlah tidak kurang dari 175 judul yang terdiri dari tiga topik utama, yaitu bahasa atau linguistik , sastra , dan pendidikan . Demi menjaga aktualitas, buku yang disediakan merupakan terbitan 10 tahun terakhir, meskipun buku terbitan sebelumnya masih tersedia. Bagi mahasiswa dan dosen yang ingin memanfaatkan buku-buku itu mereka diharuskan untuk menghubungi petugas perpustakaan Prodi. Petugas perpusatakaan bertugas untuk mendata buku-buku yang tersedia dan mencatat pihak yang meminjam. Petugas sangat diperlukan agar administrasi perpustakaan lebih teratur.

perpustakaan-stkip-pgri-banjarmasinSTKIP PGRI Banjarmasin juga menyediakan perpustakaan yang disediakan untuk semua program studi. Berbeda dengan perpustakaan prodi, perpustakaan lembaga menyediakan buku-buku yang lebih banyak karena mencakup lebih banyak tema. Buku-buku itu disediakan untuk semua program studi di STKIP PGRI Banjarmasin, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Teknologi Informasi, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Selain buku, perpustakaan lembaga juga menyediakan sumber referensi lain, seperti jurnal ilmiah, koran, prosiding, E-Jurnal, dan skripsi mahasiswa.

Perpustakaan mendapat fasilitas dari Kemenristek dikti dalam berlangganan artikel ilmiah internasional, yaitu Proquest, EBESCO, dan Cengage. Artikel ini merupakan E-Jurnal yang terkemuka di dunia. Mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan sumber ini sehingga referensi dan wawasan mereka tidak tertinggal dengan universitas-universitas kelas dunia yang lain. Perpustakaan dirancang sedemikian rupa untuk membuat nyaman penggunaanya. Hal itu ditunjukkan dengan penyediaan AC, CCTV, loker, dan komputer sebagai media pencarian buku. Petugas perpustakaan juga menyediakan sistem peminjaman yang mudah agar mahasiswa tidak kesulitan.

Fasilitas ini diharapkan membantu mahasiwa dan dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mengembangkan wawasan mereka dan mendorong untuk menghasilkan karya-karya ilmiah. Fasilitas ini disediakan untuk mendorong mahasiswa dan dosen lebih akrab dengan teori dan hasil penelitian termutakhir sebagai cerminan karakter mereka sebagai bagian dari masyarakat akademis.