Sertifikat Akreditasi PBSI STKIP PGRI Banjarmasin

Secara resmi, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah mengeluarkan sertifikat akreditasi dengan nilai B untuk program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Banjarmasin dengan nomor 384/SK/BAN-PT/Akred/X/2017. Masa berlakunya selama lima tahun sejak tanggal 17 Oktober 2017 sampai tanggal 17 Oktober 2022. BAN-PT juga mengumumkan nilai akreditasi ini pada situs resminya di alamat website https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi sehingga siapapun dapat melihatnya sendiri.

Akreditasi ini merupakan hasil penilaian BAN-PT melalui desk evaluation dan visitasi yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 September 2017 oleh dua orang asesor, yaitu Dr. Sumarwati, M.Pd. dari Universitas Sebelas Maret dan Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum. dari Universitas Ahmad Dahlan. Adapun penilaiannya meliputi tujuh standar, yaitu (1) Standar 1: visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian; (2) Standar 2: tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu; (3) Standar 3: mahasiswa dan lulusan; (4) Standar 4: sumber daya manusia; (5) Standar 5: kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; (6) Standar 6: pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; dan (7) Standar 7: penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.

Peringkat B yang telah diperoleh merupakan hasil kerja keras semua pihak mulai dari ketua yayasan, pemimpin perguruan tinggi, dosen, karyawan, hingga mahasiswa di lingkungan STKIP PGRI Banjarmasin selama beberapa tahun terakhir. Akreditasi ini merupakan bukti komitmen civitas akademika untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi ini. Meskipun demikian, usaha yang dilakukan tidak akan berhenti sampai di sini saja. Berbagai rencana terus dirancang untuk meningkatkan kualitas program studi ini agar dapat bersaing dengan perguruan tinggi yang lain baik di Kalsel, nasional, bahkan internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *